Tutorial Transfer File Menggunakan NFC, Lebih Cepat dan Praktis

Posted on Posted in Technology

NFC atau Near Field Communication adalah sebuah perangkat dari smartphone yang biasanya ada pada smartphone menengah ke atas. Teknologi ini semakin dibutuhkan di era digital belakangan ini. Alasannya tentu saja karena untuk memberikan data atau file dalam jumlah besar dengan lebih cepat dan praktis.

Ditambah dikarenakan transfer rate NFC lebih cepat daripada koneksi lainnya seperti bluetooth, dan juga tidak memerlukan wifi untuk memindahkan data. Lalu bagaimana caranya? Berikut tutorial transfer file menggunakan NFC.

Pastikan Letak NFC

Sebelum melakukan transfer file menggunakan NFC , pastikan penyimpana  pada device atau oerangkat tujuan memiliki NFC. Setelah kedua perangkat diyakini memiliki NFC, carilah letak poin sentuh dari kedua perangkat tersebut. Alasannya transfer NFc harus dilakukan dalam jarak yang dekat atau bahkan bertempelan.

Ruang Penyimpanan

Langkah kedua sebelum transfer file menggunakan NFC adalah memastikan perangkat target memiliki penyimpanan yang cukup untuk diisi file yang akan ditransfer. Hal ini akan sia-sia dilakukan bila ternyata ruang penyimpanan target penuh.

Buka File Eksplorer

Langkah ketiga untuk melakukan transfer file menggunakan NFC adalah membuka file eksplorer dan mencari file yang akan dikirimkan setelah menemukan file tersebut, cari opsi apa yang ada dalam smartphonemu. Sebutan transfer melalui NFC di setiap smartphone berbeda beda. Seperti pada Samsung ada beam dan wifi direct.

Nyalakan NFC, Tempelkan Perangkat

Nyalakan NFC target smartphone kemudian tempelkan kedua perangkat. Meskipun sebenarnya tidak perlu sampai menempel, namun akan lebih baik jika oerangkat saling menempel dekat agar jarak tidak lepas. Setelah anda menempelkan kedua perangkat tepat pada posisi antena atau poin NFC, lakukan pengiriman file sesuai perintah file explorer. Tunggu hingga transfer selesai lalu baru anda bisa memindahkan perangkat setelah transfer file menggunakan NFC.

Cek File Kiriman

Setelah melakukan transfer file menggunakan NFC, cek kembali file yang anda kirimkan. Hal ini bertujuan agar file yang ditransfer benar terkirim sempurna atau file tidak corrupt. Setelah itu baru anda bisa mematikan layanan NFC anda pada smartphone.