General

Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat dan Bersinar

Dengan mata, beragam kesibukan kita bisa dikerjakan dengan lebih gampang. Karenanya, melindungi kesehatan mata harusnya jadi priorits paling utama kita. Terlebih bila kita seringkali bekerja dengan monitor digital kurun waktu cukup lama. Praktikkanlah sebagian panduan berikut ini untuk selalu melindungi kesehatan mata Anda!

menjaga mata

Mata yaitu jendela dunia. Dengan mata, beragam kesibukan kita bisa dikerjakan dengan lebih gampang. Karenanya, melindungi kesehatan mata harusnya jadi priorits paling utama kita. Terlebih bila kita seringkali bekerja dengan monitor digital kurun waktu cukup lama. Praktikkanlah sebagian panduan berikut ini untuk selalu melindungi kesehatan mata Anda

1. Seringkali bekerja dengan computer? Seringkali lihat monitor digital kurun waktu lama?

Seringkali bekerja dimuka monitor digital bisa buat mata Anda cepat capek serta kering. Karenanya Anda bisa mempraktikkan ketentuan 20-20-20 yang sudah disetujui oleh beberapa pakar jadi langkah untuk melindungi mata tidaklah terlalu ‘tersiksa’. Tiap-tiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan lihat ke terlalu jauh sejauh 20 kaki (6 mtr.) sepanjang 20 detik.

 

2. Pakai kacamata surya!

Radiasi cahaya matahari bisa mengakibatkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Karenanya, bila Anda ada diluar ruang, manfaatkanlah kacamata surya yang membuat perlindungan Anda dari UV-A serta UV-B. Topi atau paying dapat juga menolong membuat perlindungan mata Anda dari cahaya ultraviolet. (Baca : Cuaca Cerah? Gunakan Kacamata Hitam!)

3. Pakai kacamata pelindung mata.

Bila Anda bekerja dengan beberapa bahan kimia atau alat-alat yang bisa membahayakan mata jadi baiknya Anda memakai kacamata pelindung mata untuk hindari trauma fisik atau kimia yang bisa mengakibatkan kebutaan.

4. Makanan sehat untuk mata

Kesehatan mata di pengaruhi oleh kesehatan beberapa sel saraf dan pembuluh darah. Karenanya, beberapa makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah dapat juga dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran hijau gelap serta gandum.

Makanan tinggi kandungan Zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa ada lemak, daging unggas bisa membuat perlindungan mata dari rusaknya karna sinar. Vitamin A menolong beberapa sel pandangan. (Baca : Makan Ikan Bisa Membuat perlindungan Mata)

5. Rawatlah kontak lensa Anda

Jagalah kebersihan kontak lensa, senantiasa cermati kebersihan tangan waktu menggunakan kontak lensa serta janganlah menggunakan kontak lensa waktu tidur. Pakai cairan kontak lensa yang sesuai sama cermati tanggal kadaluwarsa dari cairan serta kontak lensa Anda.

6. Cermati dengan cermat rias mata Anda

Baiknya janganlah memakai riasan mata yang telah berumur lebih dari 3 bulan, terlebih berbentuk cairan atau cream misalnya mascara. Senantiasa pakai riasan mata dalam kondisi bersih serta bersihkan kembali riasan mata dengan cermat sebelumnya tidur.

7. Berhenti merokok

Merokok bisa percepat peristiwa katarak serta bisa mengakibatkan yang dirasakan mata kering serta tidak nyaman. Pengaruhnya pada pembuluh darah juga membahayakan pembuluh darah retina hingga bisa mengakibatkan kebutaan. (Baca : 7 Langkah Hindari Rokok)

8. Janganlah remehkan yang dirasakan mata

Janganlah pedulikan yang dirasakan mata gatal serta merah, atau kelilipan. Tangani dengan tetes mata yang bisa di jual bebas atau mungkin dengan mencuci mata dengan air bersih. Janganlah menggosoki mata bila yang dirasakan selalu mengganggu. Kunjungilah dokter untuk kontrol selanjutnya.

9. Kontrol mata rutin

Janganlah anggap sepele kontrol mata teratur, walau Anda tidak menggunakan kacamata. Upayakan untuk memeriksakan kesehatan mata sekurang-kurangnya 2-3 th. sekali bila Anda tidak mempunyai yang dirasakan. Tetapi bila Anda menggunakan kontak lensa, menderita diabetes, desakan darah tinggi serta mempunyai kisah penyakit mata dalam keluarga, jadi kontrol 1 th. sekali begitu disarankan.