6 Tips Sukses Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula

Posted on Posted in Business & Economy

Cara Sukses Bisnis Katering Bagi Pemula – Hai teman-teman, pada postingan sebelumnya saya sempat menulis tentang Ide Peluang Usaha Makanan Modal Kecil Untung Besar. Disana sudah saya sebutkan bahwa bisnis kuliner atau usaha makanan itu adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Selalu ada inovasi baru, dan selalu ada pangsa pasarnya. Mungkin itu kembali lagi, karena manusia hidup tentu membutuhkan makan, oleh karena itu usaha kuliner bisnis makanan ini tidak pernah mati. Salah satu usaha kuliner yang banyak digeluti adalah bisnis katering. Nah, bagi Anda yang berminat pada usaha kuliner yang satu ini, yuk simak Tips Sukses Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula.

6 Tips Sukses Membuka Bisnis Katering Untuk PemulaMenurut pengelihatan saya, usaha katering akhir-akhir ini nampaknya tengah naik daun, apalagi dikota-kota besar khususnya dikota yang terdapat pabrik atau universitas. Hal ini ditandi dengan meningkatnya jumlah pengusaha katering, salah satunya ya dikota Yogyakarta.

6 TIPS SUKSES MEMBUKA BISNIS KATERING UNTUK PEMULA

Di kota-kota besar usaha katering biasanya tumbuh dengan subur. Banyak pesanan yang datang antara lain untuk memenuhi kebutuhan pada acara hajatan, pernikahan, reuni, sunanatan, dll. Di era modern seperti sekarang ini, banyak orang ingin yang serba mudah, tidak perlu repot masak sendiri, cukup pesan, bayar, dan beres. Iya kan? Selain itu, biasanya banyak juga mahasiswa atau buruh pabrik yang memesan katering mingguan atau bulanan, kalau yang ini sih pengalaman pribadi saya. Dulu waktu kuliah beberapa teman saya ikut katering mingguan agar tidak perlu susah-susah cari makan diluar.

Nah, baiklah langsung saja, bagi Anda yang ingin juga ikutan membuka usaha kuliner katering, inilah dia Tips Sukses Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula.

Tips Sukses Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula – Modal

Modal dari usaha katering tentu sangat bervariasi. Sebaiknya sesuaikan saja dengan anggaran yang Anda miliki sekarang. Sebagai pemula, mungkin Anda bisa menggunakan modal antara 2-5 juta. Jika sudah mulai berkembang, Anda dapat menambah modal usaha lebih besar lagi.

Cara Sukses Membuka Usaha Katering Untuk Pemula – Lokasi

Karena ini bisnis katering, bagi saya lokasi sebenarnya tidak begitu penting. Toh nantinya Anda yang harus mengirim pesanan kepada pelanggan. Tapi alangkah lebih baiknya jika Anda memiliki lokasi dipusat kota untuk menghemat biaya transportasi saat mengantar pesanan.

Tips Sukses Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula – Jenis

Dalam bisnis katering, biasanya pelaku yang memiliki jenis menu lebih banyak akan lebih disukai dari pada yang sedikit pilihannya. Oleh karena itu Anda harus rajin-rajin menambah resep-resep baru untuk dikombinasikan dengan menu katering Anda agar bisnis Anda tetap laris.

Cara Sukses Membuka Usaha Katering Untuk Pemula – Kualitas

Apa yang lidah Anda rasakan enak, belum tentu orang lain juga merasa enak. Oleh karena itu penting untuk bisa memahami selera masyarakat, khususnya selesa si pelanggan yang sedang menggunakan jasa Anda. Selain rasa, perhatikan pula kualitas kesehatan dan kebersihannya.

Tips Sukses Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula – Pemasaran

Nah ini, saya tadi mengatakan, usaha katering yang berhasil sebenarnya lebih ke arah promosi, bukan tentang lokasi jualan Anda. Sangat mungkin Anda mendapat pesanan lewat telpon. Jadi pastikan Anda mencantumkan nomor kontak Anda dengan jelas.

Cara Sukses Membuka Usaha Katering Untuk Pemula – Harga

Ingat brother dan sister, bisnis Anda masih baru lho. Jadi untuk menarik perhatian konsumen sebaiknya hindari memasang harga yang terlalu tinggi. Masakan yang enak, bersih, dan harganya murah tentu akan membuat bisnis katering Anda cepat berkembang. Setuju kan?

Nah, itulah tadi poin-poin Tips Sukses Membuka Bisnis Katering Untuk Pemula. Semoga ulasan di atas dapat menginspirasi, sehingga persiapan Anda sebelum membuka usaha katering ini dapat lebih matang lagi. Mungkin Anda masih memiliki pertanyaan? Yuk langsung saja tanyakan hal yang masih mengganjal dipikiran Anda melalui kolom komentar. Saya tunggu ya…