Tips Gampang Perawatan Lensa Kontak

Posted on Posted in Health & Fitness

Saat ini lensa kontak atau contact lens bukan lagi merupakan barang mahal. Bukan hanya orang dewasa saja yang memakainya, tak jarang remaja dan anak-anak juga menggunakannya. Apalagi produk lensa kontak saat ini sudah sangat banyak dan diproduksi oleh banyak perusahaan pula. Ada yang berwarna coklat, biru, hijau, dan hitam. Sehingga selain alternatif pilihan yang tersedia cukup variatif, contact lens juga telah menjadi sebuah gaya fashion yang akan membuat penampilan seseorang lebih gaya, seperti orang bule.

Dalam merawat lensa kontak, penting untuk memperhatikan cara membersihkan lensa kontak yang baik. Pilih tipe disinfektan yang sesuai dengan bahan lensa kontak, ganti cairan dalam kotak lensa setiap hari dan cuci tangan sebelum memasang maupun melepas lensa.

Tips Perawatan Lensa Kontak

Yang juga tak kalah pentingnya adalah mengetahui berapa kadar bahan lensa kontak tersebut dapat menghantarkan oksigen. Agar mata anda tetap sehat, diperlukan lensa kontak yang mampu menghantarkan oksigen lebih banyak dari lensa kontak biasa untuk mencegah kekeringan mata dan kondisi yang lebih parah. Dalam hal ini, anda dapat memilih lensa kontak berbahan silicone-hydrogel yang diyakini lima kali lebih kuat menghantarkan oksigen ke kornea mata.

Meskipun lensa kontak yang digunakan sudah sehat, namun dalam penggunaannya juga harus dibarengi dengan perilaku yang sehat juga. Untuk lensa yang paling lembut sekalipun, yang berbahan silicone-hydrogel, pada penggunaannya harus diiringi dengan tetes mata secara rutin.

Perilaku penggunaan lensa kontak yang sehat, misalnya memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Kemudian, buang lensa kontak ketika Anda sudah membuka kotaknya sebulan lalu, meskipun hanya digunakan 3 atau 4 kali.
Selain itu, penggunaan lensa kontak tetap perlu hanya pada saat terjaga saja. Jadi saat tidur, lensa kontak harus dilepaskan. Penggunaan lensa kontak saat tidur dapat meningkatkan risiko stres pada mata. Tentu ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada mata.

Demikianlah informasi singkat tentang kaca mata tempel ini. Semoga tips sederhana tentang cara perawatan lensa kontak ini berguna untuk anda dan tidak sekedar menggunakannya sebagai fashion atau gaya-gayaan belaka.