Tantangan membangun rumah didaerah pegunungan

Posted on Posted in Home Improvement

 

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tinggal diderah pegunungan atau perbukitan. Mulai dari keinginannya untuk mendapatkan udara yang segar, ingin hidup tenang dan menghindari keramaian kota, hingga ingin mendapatkan lahan dengan harga yang murah.

Apapun alasan yang anda miliki pastinya membangun rumah didaerah pegunungan dengan lahan yang miring, keras, serta rentan terjadi longsor bukan merupakan hal yang mudah dilakukan. Terlebih jika lahan yang dimiliki ialah lahan dengan kemiringan yang ekstrim.

Pastinya siapapun yang sedang membangun hunian didaerah pegunungan ingin pembangunan berjalan dengan lancer bukan? Nah, perhatikan beberapa pertimbangan dibawah ini ketika ingin membanung rumah didaerah pegunungan atau perbukitan berikut ini.

 

  1. Memilih lokasi yang memungkinkan untuk dibangun sebuah bangunan
  2. Usahakan lokasinya berdekatan dengan rumah-rumah lainnya
  3. Pastikan terdapat akses yang memadai untuk menuju daerah tersebut
  4. Mempertimbangkan arah yang tepat sebelum memulai membangun
  5. Mengecek kemiringan serta kestabilan tanah
  6. Memilih material yang pas untuk dibangun didaerah pegunungan atau perbukitan
  7. Membangun dinding penahan atau retaining wall
  8. Memberikan jaring-jaring pada area yang terbuka
  9. Menyediakan alat pemasangan ruangan

Membangun rumah didaerah pegunungan memang adalah hal yang sangat berbeda dengan membangun rumah didaerah dataran. Membangun rumah didaerah pegunungan tentu ada banyak aspek yang harus diperhatikan, mengingat banyak sekali hal-hal yang tidak diinginkan jangan sampai terjadi. Walaupun sebenarnya tidak banyak orang yang membangun rumah didaerah pegunungan, tetapi masih ada segelintir orang yang membangun rumah didaerah pegunungan atau perbukitan.

Memiliki rumah didataran tinggi memang memiliki pesona yang luar biasa, inilah mengapa masih ada sebagian orang yang ingin memiliki rumah didaerah pegunungan. Pemandangan alam yang indah serta udara yang sejuk menjadi sesuatu hal yang patut disukuri bagi siapapun yang memiliki rumah didaerah pegunungan.

Jika anda memperhatikan 9 tips diatas sebelum membangun rumah didaerah pegunungan maka dapat dipastikan pembangunan rumah dapat berjalan dengan baik.