Health & Fitness

Tanaman Obat Herbal dan Manfaatnya

Bila ingin membikin sebuah tamanan obat yang akan diletakkan pada pot atau area kosong di lokasi tinggal kamu, beberapa tumbuhan berikut ini mungkin dapat menjadi referensi yang bisa ditentukan sesuai dengan keperluan.

Berikut merupakan list tumbuhan obat keluarga berserta kegunaannya :

Tanaman Obat Herbal dan Manfaatnya

1. Kunyit (Curcuma domestica Val.)
paparan Singkat :
Biasanya dipakai sebagai bumbu dapur atau grosir herbal yang biasanya dipakai oleh orang Bangka Belitung untuk membikin masakan rempah kuning. Berbagai penyakitpun bisa diatasi oleh nya diantaranya : anti mikroba, pencegah kanker, mengobati penyakit maag, mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam darah, anti oksidan, mengobati rasa mual, pembalut luka dan menghilangkan gatal – gatal pada kulit.

Salah Satu kegunaan :

mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam darah merupakan dengan meminum airnya yang diperoleh dari memarut kunyit lalu ambil sarinya berupa air. Lakukan hingga kadar lemak dan kolesterol turun.

2. Jahe (Zingiberaceae)
paparan Singkat :
tumbuhan ini sudah cukup terkenal dikalangan pecinta minuman herbal yang cukup ampuh menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin. Disamping itu beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh jahe antara lain : menyembuhkan batuk, menambah imun, mangatasi masuk angin, sakit kepala, mengobati mabuk darat dan laut, obat luka memar dan menghambat oksidasi kolesterol.

Salah Satu kegunaan :

mengobati batuk, melegakan nafas, masuk angin dan kepala pusing dengan cara menumbuk tidak terlalu harus lalu diseduh dengan air panas dan tunggu mengendap. Minum selagi masih hangat.

3. Kencur
paparan Singkat :
tumbuhan obat ini dapat juga dipakai sebagai bumbu masakan yang dipakai umumnya untuk membikin sayur bening. Beberapa khasiatnya antara lain untuk memperlancar haid, menghilangkan rasa lelah, mengobati batuk dan anti peradangan lambung.

Salah Satu kegunaan :

mengobati batuk dan sebagainya dengan cara yang sama persis dengan membikin ramuan tumbuhan jahe di atas.

4. Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb)
paparan Singkat :
zat aktif berupa kurkumin pada temulawak terbukti berkhasiat sebagai obat anti peradangan seperti mengobati keracunan empedu dan hepatitis B.

Salah Satu kegunaan :

Memperlambat proses penyebaran virus hepatitis dan mengobati dengan cara memarutnya terlebih dahulu lalu diminum. Ulangi hingga sembuh.