Strategi Penjualan Harus Segera Diubah Di Tahun 2017

Posted on Posted in General

 

Perizinan adalah permasalahan classic yang dihadapi pengembang dalam sediakan supply perumahan, terutama untuk orang-orang berpendapatan rendah (MBR) .

Walau sebenarnya, angka kekurangan tempat tinggal atau backlog di Indonesia masihlah besar, yaitu 11, 4 juta unit.

Untuk penuhi keperluan tempat tinggal itu, pengembang mengharapkan pemerintah berikan pemangkasan saat dari segi perizinan sebagai tindak lanjut Paket Kebijakan Ekonomi ke-13.

” Pemerintah diinginkan buat ketentuan perizinan terlebih dari sisi saat. Lantaran, saat itu utama, ” tutur Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan serta Permukiman Semua Indonesia (Apersi) Anton R. Santoso di Jakarta, Rabu (28/12/2016) .

Ia menyampaikan, bila saat perizinan terarah, pengembang bisa mengkalkulasi alur kas keuangan (kontan flow) perusahaan.

Demikian sebaliknya, bila saat perizinan tak terarah, pengembang tempat tinggal MBR yang modalnya relatif terbatas bakal kesusahan mengatur arus kas keuangannya.

Anton memberikan, ia sesungguhnya mengapresiasi Paket Kebijakan Ekonomi ke-13 serta dibuatnya Tim Saber Pungli untuk kurangi pungutan liar (pungli) dalam soal mengurusi perizinan.

Tetapi, tindak lanjutnya di lapangan atau di staf tingkatan bawah, masihlah kurang. Dengan kata lain, pengembang menyangsikan efektivitas penghilangan pungli pada sistem perizinan.

” Pertanyaannya, bagaimana bila kita tak berikan (duit pungli) lalu perizinan tak diolah. Ke mana kita mesti mengadu? , ” bertanya Anton.

Oleh karenanya, ia mengharapkan pemerintah juga mempersiapkan tempat pengaduan untuk beberapa pengembang atau investor lain saat menjumpai pungli di lapangan.

Pemerintah mesti terang menuliskan ketentuan batasan saat dan penghargaan serta sanksi serta untuk pegawai pemerintah daerah yang mengolah perizinan.

” Hingga kita dapat tahu, bila umpamanya di ketentuan 2 minggu namun dalam 2 minggu perizinan tak keluar kita segera lapor ke sisi mana yang ditunjuk pemerintah, ” papar Anton.

Info jual rumah di Depok bisa langsung menuju website kami.