Sehat Dengan Jogging

Posted on Posted in Hobby

Pernahkah anda mendengar bahwa menjaga kesehatan tubuh dan jiwa itu tidak harus melalui hal-hal yang mahal? Pendapat bijak dan rasanya benar adanya karena pendapat tersebut logis dan realistis.

Kita mungkin memiliki pandangan dan wawasan yang berbeda-beda mengenai cara menjaga kesehatan, namun untuk yang satu ini tidak salah untuk dicoba dan dipraktikan dalam kehidupan anda sehari-hari.

Adalah olahraga yang bisa dilakukan di halaman rumah dan lingkungan sekitar, yaitu jogging atau lari-lari kecil namun dengan kecepatan yang konstan atau stabil. Jenis olahraga ini terbukti secara klinis mampu untuk membakar lemak dan mengurangi risiko serangan jantung.

Olahraga ini tidak memandang batas usia, anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orang tua pun direkomendasikan untuk melakukan olahraga superfriendly ini.

Ada argumentasi bahwa kesehatan itu mahal karena harus melalui berbagai aktivitas berbasis biaya. Hal ini patut diluruskan mengingat kesehatan adalah aset penting manusia.

Paradigma berfikir kesehatan itu mahal harus diubah karena tidak selamanya biaya pemenuhan kebutuhan kesehatan itu mahal atau berbasis biaya. Jika semua dihubungkan dengan materi atau uang, apa pun juga berbasis biaya, bukan?

Oleh karena itu, sikap berfikirnya adalah bagaimana cara memenuhi kebutuhan tubuh kita supaya berada dalam keadaan sehat sesuai dengan keadaan keuangan yang dimiliki. Inilah sikap bijak yang harus selalu dipegang agar tetap berada dalam kesehatan yang baik. Jogging adalah salah satu upaya agar tubuh manusia tetap prima, bugar dan tentu saja sehat tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.

Jadi, sebenarnya tidak ada alasan lagi yang mengatasnamakan murah atau mahalnya untuk menjaga kesehatan karena manakala manusia itu kreatif, ia pun pasti menemukan cara yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Sehat melalui olahraga seperti jogging adalah bukti nyata bahwa kesehatan itu bisa terwujud melalui hal-hal sederhana yang sangat murah.

Memang berolahraga saja tidak cukup untuk membuat tubuh kita sehat dan kuat, perlu ditunjang oleh makanan dan istirahat, tetapi dengan berolahraga secara rutin, anda sudah menunaikan salah satu kewajiban manusia, yaitu mengupayakan tubuh untuk tetap fit, prima dan kuat sehingga menjadi manusia yang sehat.

Pepatah Yunani Kuno mengatakan Mensana in corpore sano (dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat) patut menjadi semboyan abadi betapa pentingnya menjaga kesehatan tersebut.