Perawatan Rambut Rontok dengan Suplemen Alami

Posted on Posted in Health & Fitness

Kadang-kadang, wanita yang menjadi laporan vegetarian atau vegan mengalami kerontokan rambut. Jika ada penyebab diet, yang paling mungkin adalah penurunan berat badan yang cepat, masalah tiroid, atau kekurangan zat besi (meskipun ini telah lebih baru-baru dipertanyakan; lihat di bawah). Kekurangan seng dan tidak mendapatkan cukup dari asam amino lisin juga bisa menjadi biang keladinya.

Rambut rontok pada wanita tidak masalah yang tidak biasa. Dalam sebuah penelitian, 34% wanita dari Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris melaporkan peningkatan rambut rontok dibandingkan dengan 5 tahun sebelumnya. Alasan untuk rambut rontok yang rumit dan dapat bervariasi dari orang ke orang. Dengan demikian, penting untuk melihat dokter yang bisa mendiagnosa masalah tertentu.

Perawatan Rambut Rontok dengan Suplemen Alami

Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut bisa diet terkait. Rambut rontok kadang-kadang terjadi penurunan berat badan yang cepat. Dalam satu studi, rambut tumbuh kembali dalam beberapa bulan setelah penurunan berat badan. Dalam kasus lain, ada alasan gizi kurang jelas untuk rambut rontok.

Menurut Mayo Clinic, kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan rambut rontok. Setelah menjadi vegetarian atau vegan, orang mungkin meningkatkan asupan kedelai mereka. Kedelai dapat mempengaruhi tiroid, terutama ketika tingkat yodium yang tidak memadai atau seseorang cenderung untuk masalah tiroid. Pastikan Anda mendapatkan cukup yodium, dengan mengambil 75-150 mg per hari dari suplemen, harus mencegah masalah rambut rontok yang bisa disebabkan yodium atau kedelai. Jika Anda cenderung untuk masalah tiroid, membatasi kedelai juga dapat membantu.

Pada tahun 2002, Dr. DH Rushton, dari University of Portsmouth di Inggris, menulis sebuah artikel komprehensif tentang rambut rontok, ringkasan yang mengikuti .

Rambut rontok dapat dibagi menjadi dua kategori: Rambut rontok dengan kulit shedding (juga disebut “skala”) dan rambut rontok tanpa penumpahan kulit. Rambut rontok dengan penumpahan kulit cenderung berhubungan dengan kelainan kulit. Dalam beberapa kasus, suplemen dengan vitamin biotin (1 – 2 mg selama 2 bulan) telah membantu. asam lemak esensial (omega 3s dan / atau 6s omega) mungkin juga membantu dalam rambut rontok yang disebabkan oleh kondisi kulit.

Ada kurangnya data yang obyektif tentang rambut rontok tanpa penumpahan kulit. Pada suatu waktu, ada kepercayaan luas bahwa defisiensi zinc adalah penyebab umum. Namun, suplemen zinc belum terbukti untuk meningkatkan rambut rontok, bahkan ketika kekurangan dicurigai. Salah satu daerah yang tampak jelas adalah bahwa kekurangan zat besi (rendah ferritin serum tanpa anemia) terkait dengan kerontokan rambut pada wanita. Dalam sebuah penelitian, 72% dari wanita dengan toko besi rendah (serum ferritin kurang dari 40 mcg / l) telah mengurangi kepadatan rambut.

Asam amino L-lisin memainkan bagian dalam penyerapan zat besi dan seng. Di antara makanan nabati, L-lisin hanya ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kacang-kacangan, dan vegan yang tidak makan banyak kacang-kacangan bisa menemukan diri mereka jatuh pendek pada lisin. Pada beberapa wanita, suplemen zat besi tidak menyebabkan peningkatan di toko besi. Namun dalam sebuah penelitian, menambahkan L-lisin (di 1,5-2 g / hari selama 6 bulan) untuk suplementasi zat besi pada wanita seperti melakukan toko besi meningkat dan menurun rambut rontok oleh satu setengah.

Dr. Rushton mencatat peluang berikut:

Dalam multivitamin, jika tingkat seng adalah sama dengan tingkat zat besi, maka penyerapan zat besi menurun secara signifikan. Sebuah rasio 3: 1, besi untuk seng, diinginkan untuk mencegah gangguan kompetitif.

Suplemen vitamin E yang berlebihan (misalnya, 600 IU per hari selama 1 bulan) dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Pada pasien dengan kerontokan rambut yang menunjukkan tingkat tinggi asam folat (juga dikenal sebagai folat), suplementasi asam folat yang berlebihan mungkin harus dihentikan.
Mengurangi frekuensi keramas tidak membantu melestarikan rambut dan dapat meningkatkan rasa takut rambut rontok karena jumlah yang lebih tinggi dari rambut akan hilang sekaligus ketika dicuci.

Defisiensi besi

Meskipun studi melihat kekurangan zat besi pada wanita dengan rambut rontok telah agak dicampur, sebuah studi 2010 yang terkendali dengan baik tidak menemukan perbedaan dalam tingkat kekurangan zat besi atau anemia antara wanita dengan rambut rontok dan kontrol (2). Ada kemungkinan bahwa kekurangan zat besi berperan dalam kerontokan rambut bagi beberapa wanita, tetapi tidak mungkin menjadi penyebab utama dalam banyak kasus.