Penyakit Go : kenali dan waspadai !

Posted on Posted in Health & Fitness

Penyakit Go atau sering disebut Gonore atau kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neiserria gonorrhoeae. Penyakit Go adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling umum di seluruh dunia, di samping Chlamydia. Di Indonesia jumlah penderita penyakit go semakin hari semakin meningkat, terutama mulati dari dekade 2000-an hingga sekarang.

Penyakit Go

Penyakit Go menyerang manusia yang masih aktif secara seksual, tidak mengenal batasan jenis kelamin maupun manusia, baik pasangan seks “normal” pria dan wanita, maupun pasangan sejenis.

Penyakit Go ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi, baik gejala atau operator. Banyak orang cenderung menjadi pembawa gonore tanpa gejala dan maupun tanda-tanda dari penyakit tersebut. Meskipun demikian, orang-orang ini masih mampu menularkan itu. Bahkan, menurut penelitian, orang-orang yang mengidap gonore diperoleh penyakit dari individu operator dan bukan dari pasien yang terinfeksi. Individu gejala cenderung tidak tahu mereka terinfeksi sampai tanda-tanda dan gejala muncul.

Usia remaja maupun dewasa muda memiliki risiko tertinggi untuk terkena gonore dengan tingkat tertinggi di antara orang berusia antara 20 hingga 24 tahun.

Penyakit Go sendiri terdiri dari dua jenis yaitu lokal dan sistemik. Gejala Penyakit Go tergantung pada jenis gonore pasien. Pada gonore lokal, gejala terlokalisasi di saluran reproduksi, rektum dan faring. Untuk gonore sistemik, hal itu mempengaruhi organ utama dalam tubuh yang menyebabkan meningitis, polyarthritis, endokarditis, dermatitis dan bakteremia.

Gejala gonorrhea lokal termasuk:

  • keluar nanah dari vagina dan uretra
  • iritasi pada area genital
  • nyeri saat buang air kecil
  • infeksi faring
  • perdarahan vagina di luar waktu menstruasi
  • vulva bengkak dan berdarah

Pengujian atau medical test penyakit Gonore melibatkan prosedur seperti pengumpulan urine untuk tes penyakit Go. Tenggorokan dan penyeka dubur juga dapat diambil untuk mendeteksi bakteri di daerah tersebut. Hasil untuk tes gonore biasanya bisa di dapat dalam waktu 3 hari.

Infeksi Penyakit Go tidak memberikan kekebalan seumur hidup untuk penyakit sehingga infeksi ulang mungkin ketika praktek seksual tidak membaik. Pengobatan biasanya digunakan menggunakan antibiotik yang diresepkan di klinik.

Jika Penyakit Go tidak segera diobati, dapat menyebabkan infertilitas dan kehamilan ektopik karena kemungkinan komplikasi Penyakit radang panggul. Bisa juga menyerang pada saluran kencing dan, pencernaan hingga pada gangguan hati.

Pencegahan Penyakit Go akan lebih efektif dalam mengelola penyakit daripada mengobatinya. Pencegahan Penyakit Go meliputi praktik hubungan seks yang aman seperti menghindari melakukan hubungan seks dengan pasangan yang baru dan berganti-ganti tanpa menggunakan pengaman, menggunakan metode penghalang seperti kondom, mengetahui orang sepenuhnya sebelum melakukan hubungan intim dan menjaga kebersihan alat kelamin. Penyakit Go merupakan penyakit menular yang sangat bisa dicegah dan diobati.

sumber : obatkencingnanah.id