Pentingnya Pencahayaan untuk Kamar Tidur Bayi

Posted on Posted in Home Improvement

Sebenarnya apa sih pentingnya atau perlukah sistem pencahayaan khusus untuk kamar tidur bayi? Meskipun mungkin bagi sebagian orang hal ini dianggap kurang penting, namun sebaiknya kita tidak boleh mengabaikan peranan penting pada sistem pencahayaan pada kamar tidur bayi.

Seperti pada kamar-kamar yang lain, kita harus memberikan pencahayaan yang memadai pada kamar tidur bayi. Hal ini dilakukan agar aktifitas kita selama merawat bayi dapat dilakukan dengan nyaman. Mengganti pakaian bayi atau popok dan merapikan lemari juga lebih mudah dikerjakan dalam keadaan terang.

Pencahayaan untuk Kamar Tidur Bayi

Tetapi fungsi dari pentingnya pencahayaan pada kamar tidur bayi bukan hanya itu saja. Posisi lampu juga berpengaruh pada kesehatan mata bayi. Kita harus mengupayakan agar posisi lampu tidak berada tepat diatas bayi berbaring atau diatas tempat tidur. Sinar lampu yang langsung jatuh ke mata bayi harus kita hindari. Mata bayi akan silau ketika ada sinar yang langsung mengenainya. Selain tidak nyaman hal ini juga bisa menggangu kesehatan mata bayi. Lihat juga desain interior rumah minimalis modern.

Pencahayaan Alami Melalui Jendela

Untuk sistem pencahayaan pada siang hari, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan. Pastikan bahwa ruang kamar tidur bayi memiliki jendela yang memungkinkan bagi sinar matahari untuk masuk. Sinar matahari alami yang masuk akan menjadi sumber penerangan dan menjaga ruangan tetap kering dan tidak lembab. Tapi sinar matahari yang masuk melalui jendela harus kita kontrol intensitasnya. Jika terlalu berlebihan juga tidak bagus untuk bayi apalagi ketika siang terik.

Kita bisa menggunakan tirai pada jendela untuk membatasi sinar yang masuk. Jangan menempatkan tempat tidur bayi dekat jendela agar tidak terkena panas sinar matahari secara langsung. Bandingkan dengan desain rumah minimalis 1 lantai.

Jadi ketika mendesain ruang tidur untuk bayi, kita harus ingat bahwa bayi berbeda dengan orang dewasa. Bayi lebih peka dan tertarik pada sinar lampu dan itu tidak bisa kita biarkan karena dapat mengganggu kesehatan matanya.

Selain memberikan sinar yang baik, lampu-lampu tersebut harus berada pada posisi yang aman darihhjjkj penglihatan bayi. Dengan perencanaan sistem pencahayaan yang tepat maka bayi anda bisa tidur dengan nyaman dan tumbuh dengan sehat.