Peluang Mengembangkan Bisnis Hotspot

Posted on Posted in Business & Economy

Peluang Bisnis Hotspot – Biaya surfing atau berselancar internet di Indonesia masih terbilang tinggi. Selain menggunakan satuan waktu (time-base) juga ada satuan berdasarkan kuota pemakaian. Namun kalau Anda cermat dan pernah mencoba menghitung, maka biaya paling murah untuk berinternet adalah dengan menggunakan jasa warnet.

Di sejumlah kota besar, bisnis warnet telah begitu popular. Hanya dengan biaya sewa per jam sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000, Anda sudah bisa surfing, browsing, bahkan melakukan download atau upload secara tanpa batas alias unlimited. Bandingkan dengan akses internet melalui telepon rumah, kartu GSM atau CDMA yang banyak ditawarkan operator. Selain harganya lebih mahal, umumnya akses internet dengan melalui telepon rumah ataupun kartu GSM sering putus ataupun ‘lelet’ alias lambat.

Peluang Bisnis Hotspot

Industri kreatif setiap hari dan setiap saat terus berkembang seiring dengan trend yang ada. Semakin kreatif dan mengikuti trend dari industry kreatif, semakin diminati pula oleh pengusaha dan calon pengusaha. Konsumen pun ikut senang.

Di era modern sekarang ini konsumen merasa dimanjakan dengan hal-hal yang praktis, murah dan efisien. Berbisnis di bidang kreatif sama dengan menciptakan ‘mesin uang’ di eranya. Karena itu, banyak pengusaha tergiur untuk menciptakan ‘mesin-mesin uang’ baru setiap saat. Salah satu bisnis kreatif yang telah mengikuti jaman dan teknologi adalah bisnis internet.

Pada era awal tahun 1996 bisnis warnet atau jasa penyedia warung internet berkembang dengan pesat di tanah air. Bisnis warnet saat itu adalah mesin uang yang banyak tumbuh dan berkembang, karena bisnis ini diminati oleh konsumen dari kalangan anak muda, terutama masyarakat kampus. Memasuki tahun 2007, seiring dengan makin maraknya penggunaan laptop, bisnis warnet mulai mengalami pengembangan inovasi.

Selama ini, untuk membuka atau menjalankan bisnis warnet, seorang pengusaha harus mengeluarkan investasi yang cukup besar, khususnya dalam pengadaan perangkat komputer atau PC, sewa tempat, serta membuat meja dan kelengkapan box. Namun kini dengan adanya teknologi wi-fi (wireless-fidelity), mulai tumbuh bisnis warnet dengan menggunakan teknologi hotspot yang memanfaatkan jaringan nirkabel.

Penjualan jasa hotspot yang dikembangkan yaitu dengan membeli voucher pemakaian untuk durasi pemakaian internet. Akan tetapi banyak juga warung yang memberikan hotspot free kepada pelanggan, dengan syarat pelanggan tetap harus membeli produk mereka. Selengkapnya lihat di mitraukm.org