Kredit Modal Usaha

Posted on Posted in Business & Economy

Mencari Kredit Modal Usaha Yang Aman

Adakalanya seseorang ingin memulai usaha namun kesulitan untuk memulainya karena ketiadaan modal. Modal udaha memang bisa dibagi menjadi 2 kategori yaitu modal hasil tabungan sendiri atau menggunakan modal dari hasil kredit modal usaha yang diajukan kepada Bank yang bekerja sama dengan nasabah yang mencari bantuan modal memulai atau pengembangan usaha.

Kredit Modal Usaha

Mencari modal dengan menggunakan cara mengajukan kredit perbankan memang harus siap dengan resikonya, apabila kita tidak mampu mengelola keuangan dengan baik maka kita beresiko mengembalikan uang pinjaman bukan dari modal usaha yang kita ajukan. Hal ini tentu bukan resiko yang mudah dihadapi, namun kalau kita tidak berani mengambil resiko maka kita tidak akan pernah bisa memulai usaha. Yang perlu dilakukan adalah belajar mengatur keuangan usaha sebaik-baiknya agar kredit yang kita ajukan tidak sia-sia. Beberapa tips mengajukan kredit modal usaha antara lain :

  1. Mengajukan kredit tanpa agunan dengan alasan untuk memulai usaha kecil
  2. Mengajukan kredit dengan jaminan, kalau belum memiliki usaha maka jaminan yang diterima bank biasanya Sertifikat dan BPKB kendaraan bermotor.
  3. Mengajuan Kredit Usaha Rakyat atau KUR, jenis kredit ini biasanya diberikan kepada pengelola usaha kecil yang sudah menjalankan usahanya namun belum bisa mengembangkan karena keterbatasan modal. Jenis usaha bisa beragam mulai dari pedagang kaki lima sampai usaha skala menengah. Jenis pengajuan Kredit Usaha Rakyat ada 2 type yaitu dengan jaminan dan tanpa jaminan. Kalau dengan jaminan biasanya pengaju kredit belum memiliki usaha sehingga bank tidak bisa mengukur kemampuan atau grafik usaha, sedangkan kredit usaha rakyat tanpa jaminan biasanya melampirkan surat-surat kepemilikan usaha seperti SKDU, SIUP dan NPWP.

Beberapa pengusaha sangat membutuhkan kredit modal usaha untuk pengembangan dan memulai bisnisnya. Sebaiknya sebelum mengajukan kredit modal usaha tentukan dulu jenis, sistem pengelolaan usaha dan team yang bertanggung jawab menjalankan usaha tersebut. Apabila ingin mengelola usaha sendiri pastikan anda siap dengan segala resiko dan memiliki pola pengembangan usaha yang matang.