Kenali dan Waspadai Pembesaran Prostat

Posted on Posted in Health & Fitness

Mengenali dan mewaspadai terjadinya pembesaran prostat sangatlah penting. Hal ini bukan saja untuk menjaga kesehatan anda dari gangguan penyakit namun yang tak kalah pentingnya adalah upaya pencegahan dini yang berguna dalam proses penyembuhannya. Terlebih gangguan ini dapat menimbulkan efek pada gangguan kesehatan lainnya.

Prostat merupakan kelenjar dari sistem reproduksi laki-laki. Fungsi utama prostat adalah menghasilkan cairan penyusun semen. Banyak orang yang kurang begitu memperhatikan kebiasaan yang dilakukan saat berusia muda. Akibatnya, keluhan gangguan akan muncul dan menyebabkan penyakit pada usia lanjut dan ini biasanya tidak mudah diatasi.

Pembesaran Prostat

Penyebab utama gangguan postat adalah faktor hormon, pertambahan usia, dan faktor pertumbuhan. Menyangkut faktor usia, gangguan prostat umumnya terjadi atau dialami oleh orang yang telah berumu empat puluh tahun. Pada saat ini fungsi prostat akan terus menurun sedikitnya sepuluh persen per sepuluh tahun.

Gejala klinis iritatif prostat ini dapat dikenali dengan sejumlah tanda. Berikut adalah tanda atau gejala yang perlu diwaspadai. Pengenalan gejala ini dapat menghindarkan risiko yang lebih berat.

Gejala itu antara lain meningkatnya frekuensi buang air kecil, tergesa-gesa buang air kecil, air kecil sukar ditahan, serta sering buang air kecil di malam hari.

Sedangkan untuk gejala obstruktif ditandai dengan sejumlah gejala yang agak berkebalikan. Antara lain buang air kecil terputus-putus, sering harus menunggu lama untuk berkemih, serta ada air seni menetes setelah selesai berkemih.

Lantas bagaimana cara mengatasi ataupun terapinya ?

Menurut jurnal medis, untuk memastikan gangguan prostat tersebut harus dilakukan tes laboratorium. Dari hasil tes itulah nantinya akan ada tiga kemungkinan terapi, yaitu non bedah, bedah, dan alternatif.

Untuk terapi bedah, tentu Anda harus menjalani operasi. Sedangkan yang dimaksud dengan terapi alternatif bukanlah pergi ke dukun, melainkan pengobatan dengan tetapi laser, vaporasi, stent, atau ballon dilatation. Untuk memastikan keluhan, sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter terlebih dahulu.

Itulah sedikit informasi yang semoga berguna untuk anda. Dengan pengetahuan yang lebih mendalam tentang pembesaran prostat tentunya akan berguna untuk mengantisipasi dengan berbagai tindakan yang diperlukan.