Keistimewaan Paket Raja Ampat

Posted on Posted in Vacation

paket raja ampat

Apakah Anda sudah pernah mendengar tempat wisata Raja Ampat? Sudah pasti. Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Wisatawan mancanegara pun rela datang jauh-jauh demi mengunjungi tempat ini. Namun, sebetulnya apa keistimewaan tempat ini? Untuk menjawab hal tersebut maka dalam artikel ini akan dijabarkan keistimewaan paket Raja Ampat, destinasi wisata populer dari Indonesia. Keistimewaan ini tidak hanya menyangkut keindahan alamnya, namun juga keramahan warga daerah Papua yang mengagumkan.

Keistimewaan yang pertama sudah tentu pemandangan bawah lautnya. Apalagi Raja Ampat berada di wilayah Coral triangle dunia. Sudah pasti ditemukan banyak spesies bawah laut yang lengkap. Keistimewaan ini juga yang membedakan Paket Raja Ampat dengan paket wisata yang lainnya. Selain dari sisi keindahan alam, wisata ini juga unggul dari sisi wisata sosialnya. Keeratan masyarakat dengan wisatawan sangat muncul dalam momen wisata di Raja Ampat. Apabila Anda sedang berwisata disana, jangan lupa membawa persediaan permen di tas Anda. Permen ini dapat Anda bagikan kepada anak-anak masyarakat Papua. Lihat reaksi mereka, mereka akan merasa sangat girang dan berterima kasih pada Anda. Belakangan diketahui bahwa tradisi memberi sesuatu oleh pendatang kepada masyarakat adalah suatu bentuk lambang perdamaian di Papua. Bagaimana? Tertarik mencoba tradisi ini?

Keistimewaan sosial berikutnya yang dapat Anda temukan dalam paket Raja Ampat adalah tradisi bernama para-para pinang. Tradisi ini sebenarnya nampak sederhana, yakni duduk bersama sambil berbincang bersama warga. Hal yang membedakan adalah, perbincangan tersebut disertai candaan yang dilontarkan satu sama lain secara bergiliran. Di sini Anda dapat menikmati sensasi tertawa bersama masyarakat Papua. Sebuah tradisi yang membawa kehangatan sosial. Mampu mendekatkan dan menumbuhkan rasa kekeluargaan. Hal inilah yang membuat masyarakat di Papua sangat erat karakter kekeluargaannya.

Di sisi lain Raja Ampat juga menyimpan peninggalan prasejarah. Seperti di Pegunungan Misool, terdapat peninggalan prasejarah berbentuk cap tangan di dinding batu karang. Cap-cap tangan yang ada di Misool tidak berlokasi di dalam gua, namun dekat dengan air laut. Peninggalan-peninggalan tersebut memberikan unsur etnik pada wisata Raja Ampat. Sisi edukatif tersendiri bagi wisata ini. Usia peninggalan ini diperkirakan telah mencapai lima puluh ribu tahun. Peninggalan merupakan salah satu indikasi mengenai bagaimana manusia tersebar dari bagian barat Nusantara hingga menyentuh Papua dan Melanesia. Di salah satu titik penyelaman yang ada di Pulau Wai, dapat ditemukan juga sisa-sisa pesawat yang karam saat Perang Dunia ke-II.

Itulah selingan keistimewaan yang bisa Anda temukan dalam paket Raja Ampat. Artikel ini tentunya membuat Anda semakin penasaran dengan wisata yang satu ini. Raja Ampat memang tempat wisata dengan sejuta pesona yang layak Anda kunjungi.