Dollar Melempem Berakibat Harga Emas Terkerek Naik

Posted on Posted in Business & Economy

Harga emas mendekati level paling tinggi sepanjang satu bulan pada perdagangan Kamis atau Jumat pagi (saat Jakarta) didorong momentum pelemahan dollar AS.

Diambil dari Wall Street Journal, Jumat (7/1/2017) harga emas untuk kontrak paling aktif di divisi Comex New York Mercantile Exchange, untuk pengiriman bln. Februari naik 1, 4 % ke level 1. 181, 30 dollar AS per troy ounce.

Harga emas telah naik dua % mulai sejak awal th., selesai penurunan tajam paska-pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Pada jeda makan siang, ditulis Mining. com pada Jumat, harga emas bahkan juga pernah tembus 1. 185, 90 dollar AS per troy ounce, serta adalah harga paling baik mulai sejak 5 Desember lantas.

Harga emas sudah naik 60 dollar AS per troy ounce mulai sejak level paling rendah Desember 1. 124 dollar AS.

Bloomberg mengatakan, sekarang ini adalah waktu yang baik untuk memegang emas.

Survey yang dikerjakan Bloomberg pada beberapa analis tunjukkan 14 orang menyampaikan logam akan bullish, dua orang menyampaikan akan bearish, serta satu orang menyampaikan neutral.

Sebagian aspek yang merubah harga emas diantaranya perubahan politik di zona Eropa, kebijakan Presiden AS dipilih Donald Trump, dan ekspektasi penambahan keinginan mendekati th. baru China (Lunar New Year).

Pelemahan Dollar AS Dorong Kenaikan Harga Emas

Harga emas pada perdagangan Kamis (29/12/2016) saat setempat atau Jumat (30/12/2016) saat Indonesia mencatatkan kenaikan paling besar dalam nyaris tiga bln.. Kenaikan harga emas ini didorong oleh melemahnya dollar AS serta musim berlibur.

Harga emas untuk pengiriman Februari ditutup naik 1, 5 % pada 1. 158, 10 dollar AS per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Kenaikan itu adalah kenaikan paling besar mulai sejak 2 November.

Harga emas di Kamis itu adalah level paling tinggi mulai sejak 14 Desember. Pemicunya, indeks dollar turun 0, 5 % ke level 93, 07 pada mata duit lain.

Pelemahan dollar AS umumnya mendorong kenaikan harga emas, hingga lebih terjangkau untuk investor yang memegang mata duit yang lain.

Menurut investor, volume perdagangan yang tidak tebal di musim berlibur juga menolong jadi besar gerakan pasar.

Disamping itu, analis di Kitco Metal menyampaikan harga juga didorong taruhan investor pada logam mulia sesudah penurunan besar serta perburuan tawar-menawar yang yakin penurunan emas bakal terbatas.

Pedagang tengah menanti tanda untuk emas di th. baru, termasuk juga kecepatan kenaikan tarif oleh Federal Reserve serta efek mungkin dari kebijakan presiden dipilih Donald Trump, yang dapat menyebabkan inflasi.

Sebagian pemilu Eropa, termasuk juga di Perancis serta Jerman, dapat tingkatkan pihak populis serta tingkatkan ketidakpastian politik, yang berdasar sebagian analis dapat jadi aspek pendorong kenaikan harga logam mulia.

Logam Mulia Lain

Sesaat harga perak untuk Maret ditutup naik 1, 1 % pada 16, 21 dollar AS per troy ounce.

Harga platinum untuk April tak beralih pada 902, 40 dollar AS per troy ounce, serta paladium untuk Maret naik 1, 3 % pada 675, 65 dollar AS per troy ounce.