Destinasi Wisata Sekitar Pulau Derawan

Posted on Posted in Vacation

kota wisata derawan - https://www.explorederawan.com/

 

Jika Anda mengunjungi Provinsi Kalimantan Timur, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Derawan yang telah dinominasikan oleh UNESCO sebagai calon situs warisan dunia.  Adapun destinasi di sekitar Derawan yang menjadi favorit para turis antara lain terumbu karang yang luar biasa indahnya, pantai pasir putih nan menawan serta beberapa pulau yang berada di sekitar Pulau Derawan. Pulau-pulau tersebut bernama pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Pulau Kakaban. Dengan ciri khas masing-masing yang unik dan berbeda, pulau-pulau ini menjadi destinasi sekitar Derawan yang sayang sekali jika dilewatkan.

 

Destinasi Wisata di Pulau-pulau sekitar Derawan

Salah satu pulau indah yang bisa ditempuh dengan speedboat adalah Pulau Kakaban. Pulau ini adalah destinasi sekitar Derawan yang paling wajib dikunjungi karena memiliki danau Kakaban yang sangat istimewa. Dikatakan demikian sebab air danau ini merupakan paduan dari air tawar dan air laut yang terjebak di pulau eksotis ini. Selain itu, air hujan yang turun juga ikut tertampung di Danau Kakaban. Dengan bersatunya ketiga jenis air menjadi satu, tak heran  jika danau ini menjadi  istimewa.

Selain Pulau Kakaban, para wisatawan juga suka mengunjungi Pulau Maratua yang memiliki hamparan laut biru nan indah. Pulau ini paling pas untuk dikunjungi pasangan yang sedang berbulan madu karena tempatnya yang tenang dan romantis. Untuk mencapai pulau ini bisa ditempuh selama sejam dengan menggunakan speedboat dari Pulau Derawan. Bagi para penyelam, tempat ini adalah surganya karena memiliki pemandangan bawah laut yang benar-benar memukau meski harga untuk melakukan diving disini dipatok cukup mahal.

Yang juga tak boleh dilewatkan adalah mengunjungi Pulau Sangalaki yang sangat terkenal di kalangan penggemar snorkeling. Disini banyak spot yang cantik untuk melakukan snorkeling di dan untuk lebih jelas anda bisa mengunjungi website www.ExploreDerawan.com. Banyak ikan berwarna warni dan unik selain terumbu karang yang tampak bercahaya dibawah permukaan air laut yang tidak terlalu dalam. Para traveler bisa hunting photo biota laut unik seperti ikan pari, ikan hias dan penyu hijau yang langka disertai pemandangan spektakuler di perairan Pulau Sangalaki. Spot diving favorit di tempat ini antara lain Sandy Ridge, Sherwood Forest, Eel Ridge, The Rockies, Manta Run, dan Turtle Town.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke destinasi sekitar Derawan, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan antara lain berkeliling menjelajahi pulau dengan menggunakan speedboat,melakukan diving, snorkeling, berburu sunset di Pantai Derawan nan cantik, melihat penyu bertelur dan tentu saja belanja souvenir di pasar tradisional. Tips bagi para traveler yang akan berkunjung kesini  antara lain bawalah barang seperlunya saja beserta uang tunai yang cukup karena sulit mencari ATM di tempat ini. Selain itu jangan lupa membawa underwater Camera, makanan, obat-obatan dan pakaian renang yang nyaman untuk melakukan segala kegiatan di pulau eksotis nan menawan ini.