Cara Pengobatan Tradisional Asam Urat yang Aman

Posted on Posted in Health & Fitness

Pengobatan tradisional saat ini sedang marak di dunia pengobatan, karena selain aman bagi kesehatan, biayanya pun jauh lebih murah dibanding dengan pengobatan modern dengan obat-obatan kimia. Salah satu bentuk pengobatan tradisional adalah pengobatan tradisional asam urat. Meskipun reaksinya agak lambat atau tidak secepat obat kimia, namun jaminan keamanan kesehatan ini yang akhirnya banyak pasien asam urat yang beralih dari pengobatan modern ke pengobatan tradisional. Beberapa obat tradisional yang dimaksud antara lain ramuan cengkeh dan umbi jalar merah; rebusan bunga kumis kucing; ramuan daun salam; ramuan daun cocor bebek; ramuan jahe, dll

asam-urat

Sebelum membahas pengobatan, terlebih dahulu kita mengenal lebih jauh tentang penyakit asam urat. Secara umum penyebab asam urat dapat berasal dari dalam dan dari luar.

a. Penyebab asam urat dari dalam, ada kemungkinan karena faktor genetic, sehingga seseorang memang berpotensi untuk terserang penyakit asam urat. Atau bisa jadi karena kondisi tubuh yang memang kurang sehat, yakni saat tubuh mengalami ketidakseimbangan hormonal. Apabila ginjal terganggu akibat metabolism yang kurang normal, purin yang ada di dalam tubuh tidak dapat tersaring dengan baik, sehingga banyak asam urat yang terbuang sia-sia, sehingga mengendap di persendian. Pengobatan tradisional asam urat berfungsi untuk mengembalikan fungsi ginjal, sehingga tubuh akan bereaksi terhadap penyakit asam urat tersebut secara alami. Berkaitan dengan ginjal, sebenarnya ada beberapa yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, yaitu:

  • Berolahraga secara rutin
  • Mengontrol diet
  • Menjaga tekanan darah, jangan sampai terjadi hipertensi
  • Perbanyak minum air putih
  • Menjaga gula darah
  • Berhenti merokok
  • Menghindari obat-obatan kimia

b. Penyebab asam urat dari luar, ada kemungkinan karena faktor pola makan dan gaya hidup. Pola makan yang kurang memperhatikan gizinya, sehingga kadar purin yang ada di dalam tubuh berlebih. Akibatnya produksi asam urat menjadi berlebih dan ginjal tidak mampu menyaring lagi. Asam urat yang tidak dapat tersaring akhirnya melekat di tiap-tiap persendian tulang. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada persendian.

Gaya hidup yang selanjutnya adalah perbandingan antara kerja dan gerak/ olah raga yang tidak seimbang. Kebanyakan dari kita saat ini adalah orang yang bekerja di depan computer yang lebih banyak duduk daripada bergerak, sehingga energy yang kita miliki kurang tergunakan secara maksimal. metabolism yang kurang baik inilah yang mengakibatkan zat purin yang ada di dalam tubuh kurang berfungsi dengan baik. Obat alami untuk asam urat jenis ini adalah mengatur pola makanan dan olah raga. Obat tradisional yang ada biasanya dibuat untuk menghancurkan purin-purin yang telah mengapur di persendian secara berlebih.

Seperti dikatakan di atas, bahwa sebenarnya setiap orang memiliki asam urat, namun asam urat yang ada adalah berguna untuk membantu lancarnya metabolisme tubuh. Untuk ukuran yang ideal, kadar asam urat yang normal untuk laki-laki yang normal adalah antara 3,5 s.d. 7 mg/dl, sedangkan kadar asam urat untuk wanita yang normal adalah antara 3,5 s.d. 6 mg/dl. Apabila kadar asam urat sudah melebihi batas ideal, maka sebaiknya perlu dilakukan langkah-langkah antisipatif. Mendapatkan pengobatan tradisional asam urat adalah usaha yang tepat untuk mengantisipasi terserangnya penyakit asam urat ini. Meskipun penyakit ini bukan termasuk yang mematikan, tetapi apabila tidak diobati akan bisa menyebabkan kelumpuhan.