Cara Jitu Mengajari Anak untuk Berpuasa

Posted on Posted in About Life

Cara Jitu Mengajari Anak untuk Berpuasa

Cara Jitu Mengajari Anak untuk Berpuasa

Cara Jitu Mengajari Anak untuk Berpuasa. Bulan suci ramadhan sebentar lagi akan tiba. Pada bulan suci Ramadhan semua umat muslim diwajibkan untuk ibadah puasa. Tidak hanya orang dewasa saja yang harus berpuasa, puasa wajib dilaksanakan umat musalim yang sudah baliq. Namun tidak ada salahnya jika sebagai orang tua anda mengajarkan bepruasa kepada anak anda sejak dini. Emang ada beberapa orang tua yang merasa kesulitan ketika mengajari anaknya untuk berpuasa. Mulai sekarang anda tak perlu hawatir lagi untuk bisa mengajari anak anda untuk berpuasa. Berikut ini beberap tips untuk mengajarkan anak anda berpuasa sejak dini yang bisa anda lakukan bersama sama dengan anak anda:

Menjelaskan arti bulan suci Ramadhan.

Anda bisa menjelaskan arti bulan suci ramadhan kepada anak anda dengan cara yang menyenangkan, misalnya saja anda bercerita tentang bulan suci ramadhan dengan mendongeng, bulu cerita, buku bergambar dan cara menyengkan lainnya. Dengan cara yang menyenangkan seperti ini maka anak anda akan lebih mudah untuk mengerti dan memahami arti dari bulan suci ramadhan itu sendiri.

Melibatkan anak secara langsung.

Cara yang efektif untuk melibatkan anak secara langsung agar dia tahu makna dari bulan suci ramadhan yaitu dengan mengajak anak anda untuk menyiapkan makanan untuk berbuka puasa serta sahur dan mengajaknya untuk tarawih bersama di masjid. Selain itu, orang tua juga harus memberikan contoh yang baik untuk anak mereka, misalnya tidak mengelur saat mereka sedang berpuasa. Semua aktivitas yang menyenangkan dan tidak ada beban maka akan membantu anak anda untuk dapat menjalai puasa dengan mudah.

Belajar puasa secara bertahap.

Melakukan puasa penuh itu pastinya hal yang sulit untuk anak-anak. oleh karena itu anda bisa mengajarkan berpuasa kepada anak anda dengan cara bertahap. Misalnya saja anda bisa melatih anak anda untuk makan ketika dia lapar saja atau puasa setengah hari sampai ba’da dzuhur. Jika sudah terbiasa maka anak anda akan kuat berpuasa penuh sampai maghrib. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda harus sabar dalam mengajri anak berpuasa.