5 negara komunis yang masih ada di dunia

Posted on Posted in General

 

Suatu hal yang berbau komunis kelihatannya masihlah begitu peka di Indonesia. Beberapa waktu terakhir, petugas Kepolisian mengambil alih selusin kaos bergambar Palu Arit yang sama dengan simbol komunis. Terutama, negeri ini pernah alami peristiwa pahit dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada masa 1965. Tetapi kenyataannya, simbol Palu Arit tidak cuma punya PKI. Simbol itu sejatinya yaitu punya semuanya negara yang berpedoman ideologi komunisme.

Lambang Palu Arit lahir pada thn 1917 di Rusia dalam revolusi Bolshevik. Palu yaitu lambang yang mewakili buruh, sedang arit yaitu lambang petani. Artinya golongan buruh serta tani menyatu untuk menggulingkan yang memiliki modal dengan kata lain kapitalis. Dalam revolusi yang di dukung oleh golongan buruh serta petani itu pada akhirnya sukses menggulingkan Kekaisaran yang telah berkuasa sepanjang beberapa ratus thn di Rusia.

Sampai saat ini, penilaian orang masihlah teramat beragam macam pada lambang Palu Arit. Ada yang mengartikan sebagai penganut komunis, penganut sosialis, simbol revolusi, bentuk memprotes pada pemerintahan, serta ada banyak tuduhan yang lain.

Di Indonesia pada jaman Orde Baru, PKI yang mempunyai memahami serta ajaran dan ideologi komunis dengan cara resmi dinyatakan sebagai gerakan terlarang lewat Ketentuan MPRS No. 25 Th. 1966 mengenai pembubaran PKI serta UU RI No. 27 Th. 1999 mengenai dengan kejahatan pada negara.

Walau sekian, ideologi komunis masihlah ada di belahan bumi yang lain. Ada banyak negara yang berpedoman memahami komunis. Di bawah ini sebagian negara yang mempunyai memahami serta ajaran dan ideologi komunis, antaralain :

  • Cina

Cina di kenal sebagai negara penganut ideologi komunis mulai sejak thn 1949 hingga saat ini. Komunis yang diaplikasikan oleh negeri tirai Bambu ini juga telah banyak alami pergantian mengikuti dinamisnya kehidupan. Komunisme masihlah dipegang teguh dalam system politik, institusi yang ada, dan pengambilan ketentuan dalam mengatur masyakaat. Dengan harapan bisa terwujudnya kondisi yang kondusif.

  • Vietnam

Di Vietnam partai komunis tetaplah jaya serta sukses mendongkrak ekonomi. Partai Komunis Vietnam jadi jaminan untuk beberapa orang untuk meniti karier. Sebagai anggota ASEAN, tokoh-tokoh partainya dihormati di kelompok pemimpin Asia, termasuk juga Indonesia.

Kehebatan Partai Komunis Vietnam yaitu kesuksesannya untuk bisa keluar dari citra suram dengan mengundang masuk perusahaan-perusahaan global. System politik style Lenin hingga saat ini dapat bertahan di Vietnam.

  • Kuba

Kuba adalah hanya satu-satunya negara komunis di benua Amerika Serikat. Kuba dikira satu diantara negara yang paling sedikit umat Katoliknya. Sekurang-kurangnya umat Katolik negara ini adalah konsekwensi dari kebijakan pemerintah komunis yang menggerakkan sekularisme.

  • Korea Utara

Korea Utara adalah negara komunis yang tersisa didunia, mempunyai histori cukup panjang untuk berdiri jadi satu negara. Sepanjang Korea Utara berdiri, pemerintahan ikuti ideologi Juche yang digagas oleh Kim II Sung serta ideologi Juche betul-betul jadi ideology resmi pada thn 1972 sesudah ada konstitusi baru. Di mata dunia Internasional, Korea Utara dilihat sebagai Negara diktator totaliter stalinis dalam pengertian masihlah ada dampak dari pemerintah Stalin pada kehidupan pemerintahan di Korea Utara.

  • Laos

Laos yaitu satu diantara negara komunis dengan kepala pemerintahan berbentuk presiden yang bernama Choummaly Sayasone serta dibantu oleh perdana menteri yang bernama Bouasone Bouphavanh. Laos mempererat hubungan dengan Vietnam serta pada akhir dekade 1980 masuk dalam keanggotaan ASEAN pada thn 1997.

Nah itu adalah negara yang menganut paham komunis hingga kini. Meskipun Indonesia sangat sensitif terhadap negara komunis, Indoneseia tidak menutup diri dalam kerja sama dibidang tertentu.