Online Shop

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Buka Toko Online

Sudah banyak produsen atau distributor barang yang memperbolehkan kamu menjualkan barang dagangan mereka tanpa perlu modal sedikitpun. Jadi kamu bisa langsung berjualan menawarkan barang dengan menaikkan sedikit harga barang dari harga yang diberi oleh distributor. Berikut ini sistem penjualan yang umum berlaku di bisnis belanja online :

toko online

PRODUSEN

Merupakan penjual tangan pertama yang langsung memproduksi barang atau membeli barang dari produsen untuk kemudian dijual ke distributor atau langsung ke pembeli. Keuntungannya adalah sebagai tangan pertama kamu berhak menentukan harga jual dari barang kamu. Kerugiannya adalah modal yang dibutuhkan sangat besar, karena kamu harus memproduksi barang sendiri.

DISTRIBUTOR

Biasa dikenal dengan sebutan agen besar, agen utama. Kamu mendapat barang langsung dari produsen untuk kemudian dijual kembali ke penjual-penjual lain atau langsung ke pembeli. Keuntungannya, kamu bisa mendapat harga beli yang sangat murah dibanding harga pasar karena kamu mendapat barang langsung dari produsen. Kerugiannya adalah modal yang dikeluarkan untuk menyetok barang sangatlah besar.

RESELLER

Merupakan penjual yang umumnya ada, dimana reseller mengambil barang dari distributor untuk kemudian dijual kembali ke pembeli. Keuntungannya, kamu bisa membeli barang dengan harga dibawah harga pasar. Kerugiannya adalah karena harus menyetok (dalam hal ini membeli) barang terlebih dahulu dari distributor, kamu harus memperhitungkan agar barang yang kamu stok bisa terjual semua agar bisa memperoleh untung.

DROPSHIPPER

Merupakan istilah baru yang belakangan muncul di bisnis jual-beli online. Kamu mungkin pernah mendapat broadcast BBM dari teman yang menawarkan tas murah, bb, jam atau kaos. Kemudian bila kamu berminat beli, kamu diminta untuk mentransfer uang sejumlah harga barang yang ditambah dengan ongkos kirim lalu barang akan dikirimkan ke rumah atau kantor kamu. Dropshipper hampir mirip cara kerjanya seperti makelar, sebagai jembatan antara distributor dengan konsumen. Namun bedanya, dropshipper memungkinkan kamu untuk berjualan menggunakan nama toko kamu sendiri, sehingga pembeli tidak akan mengetahui distributor tempat kamu mengambil barang. Cara dropshipper seperti ini. Keuntungannya, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang terlebih dahulu. Kamu cukup mempromosikan barang jualan kamu melalui forum, situs, sosial media atau BBM. Bila ada pembeli

yang berminat untuk membeli barang jualan kamu, cukup minta pembeli untuk mentransfer ke rekening kamu, dan kamu langsung menginformasikan pesanan tersebut sekaligus mentransfer harga barang ke distributor. Nanti barang langsung dikirimkan ke pembeli dengan menggunakan nama kamu sebagai nama pengirimnya. Nominal keuntungan yang didapat adalah dari selisih antara harga yang kamu dapat dari produsen/ distributor dengan harga jual yang kamu berikan ke pembeli. Misalnya kamu menjual Jersey tim bola, harga dari distributor Rp. 100.000 dan kamu tawarkan ke pembeli Rp. 125.000, maka selisih tersebut yang menjadi keuntungan kamu. Kerugiannya, biasanya harga yang diberikan oleh distributor ke dropshipper hanya berselisih sedikit dengan harga jual pasar, sehingga kamu tidak bisa mendapat keuntungan yang terlalu besar. Namun bila kamu ingin mencoba memulai bisnis jual-beli online tanpa modal, sistem seperti ini bisa untuk dilakukan. Nah sekarang kamu sudah tahu kan mudahnya untuk memulai bisnis jual-beli online. Jadi boleh dicoba untuk segera dimulai tuh. Lumayan, berawal dari iseng coba-coba siapa tahu bisa jadi besar nantinya. Selamat jualan ya.