10 Agen Rahasia Paling Terkenal Sepanjang Masa

Posted on Posted in General

10 Agen Rahasia Paling Terkenal Sepanjang Masa – Seberapa banyak film bertopik agen rahasia yang pernah kalian lihat? Sekurang-kurangnya ada 2 atau 3 film agen rahasia yang pernah kalian saksikan. Kalian pastinya telah memperoleh deskripsi mengenai apa sajakah sih pekerjaan dan kekuatan yang dipunyai oleh seseorang agen rahasia. Di dahulu kala, seseorang agen rahasia atau mata-mata umumnya disewa atau ditunjuk dengan satu maksud yaitu mencari tahu info mengenai negara lawan. Dari demikian banyak mata-mata yang ada didunia, cuma ada 10 orang yang namanya betul-betul populer selama histori dunia mata-mata. Siapa sajakah kesepuluh mata-mata itu?

10. George Blake, Belanda

George Blake yaitu mata-mata berdarah Belanda yang lahir pada th. 1922. Blake mengawali kariernya sebagai mata-mata untuk negara Inggris pada saat Perang Dunia II. Nasib sial dihadapi Blake, aksinya ketauan serta dianya di tangkap oleh tentara Korea Utara. Oleh pemerintah Korea Utara, Blake ditahan sepanjang 3 th.. Sepanjang melakukan saat kurungan itu, Blake lalu beralih haluan jadi orang komunis.

Di th. 1953 Blake kembali pada tanah Inggris dengan dikira sebagai pahlawan. Tetapi pemerintah Inggris tidak paham kalau Blake berstatus agen ganda. Blake mengungkapkan sejumlah 40 lebih anggota MI6 pada Uni Soviet. Terang saja tindakan Blake ini menghancurkan jaringan MI6 di Eropa Timur. Tindakan mata-mata Blake pada akhirnya terbongkar serta dijatuhi hukuman 42 th. penjara. Lima th. lalu, Blake sukses kabur serta terbang ke Moskow. Di th. 2007, Vladimir Putin memberi penghargaan Order of Friendship untuk Blake.

9. Aldrich Ames, Amerika

Lahir di Wisconsin, Amerika Serikat, Aldrich Ames bertindak sebagai agen ganda yaitu untuk Amerika serta Uni Soviet. Di Amerika, Ames bertugas sebagai satu diantara agen dari tubuh keamanan yang dimaksud CIA. Bekerja sebagai agen di CIA bikin Ames dapat bebas terhubung beberapa data personal beberapa agen Amerika.

Untuk memperoleh hadiah duit yang besar, Ames jual data beberapa agen CIA itu pada Uni Soviet. Atas perbuatannya, Uni Soviet memberi imbalan duit sebesar 4, 6 juta USD pada Ames. Duit itu digunakan oleh Ames untuk memperoleh hidup yang layak dengan beli perhiasan, tempat tinggal, serta mobil elegan. Tindakan Ames tercium oleh FBI serta Ames dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara US Penitentiary, Pennsylvania.

8. The Cambridge Five, Inggris

The Cambridge Five adalah julukan yang didapatkan untuk 5 orang Inggris yang nyatanya berprofesi sebagai mata-mata untuk Uni Soviet. Ke lima mata-mata itu yaitu Kim Philby, Donald Duart Maclean, Guy Burgess, serta Anthony Blunt. Mata-mata ke lima sampai sekarang ini indentitasnya masihlah belum di ketahui. Argumen mengapa dinamakan The Cambridge Five karena ke empat orang itu belajar mengenai ajaran komunisme di Kampus Cambridge.

The Cambridge Five juga populer dengan sebutan Cambridge Spy Ring. Disadari oleh Anthony Blunt kalau mereka diambil jadi mata-mata Uni Soviet saat mereka menamatkan kuliah. Semasa Perang Dunia II, The Cambridge Five mengungkapkan beberapa info utama pada Uni Soviet. Terkecuali bertugas untuk mengungkapkan info untuk Uni Soviet, The Cambridge Five juga di beri pekerjaan memberi info palsu untuk Nazi.

7. Dusan Popov, Serbia

Apa kalian ingat dengan agen rahasia populer Inggris bernama James Bond? Dalam film itu dipertunjukkan James Bond sebagai mata-mata Inggris yang keren, tampan, jago berkelahi, menembak, serta playboy. Dapat disebutkan kalau karakter James Bond itu di inspirasi oleh Dusan Popov. Dusan Popov sendiri adalah mata-mata Inggris yang lahir di Serbia.

Semuanya karakter yang dipunyai oleh James Bond itu dipunyai juga oleh Dusan Popov. Popov yaitu seseorang mata-mata untuk MI6 serta aktif semasa Perang Dunia II. Serangan Jepang pada Pear Harbor terlebih dulu sudah diperkirakan oleh Popov. Tetapi FBI tak yakin dengan info yang disebutkan oleh Popov.

6. Sidney Reilly, Ukraina

Kepopuleran nama Sidney Reilly telah menebar ke sebagian negara didunia. Berbarengan dengan Dusan Popov, Sidney Reilly juga disebutkan yaitu ide dari tookoh James Bond. Populer di era ke-20, Reilly yaitu sosok mata-mata handal, berkharisma, penipu ulung, serta mempunyai banyak akal. Lantaran ketrampilannya itu bikin Reilly memperoleh julukan Ace of Spies.

Berprofesi sebagai mata-mata, Reilly pernah memata-matai beberapa negara seperti Jepang, Jerman, dna Kanada. Reilly di ketahui jadi dalang di balik tindakan menggulingkan pemerintahan Uni Soviet pada th. 1925. Sayangnya tindakan itu tercium oleh pemerintah Uni Soviet. Reilly lalu di tangkap serta dijatuhi hukuman mati.

5. Klaus Fuchs, Jerman

Tak ada yang menganggap bawah Fuchs yang disebut bekerja sebagai fisikawan nyatanya adalah seseorang agen rahasia yang populer. Sepanjang ada di Los Alamos, Fuchs memakai waktunya untuk belajar mengenai bom atom. Sebagai agen rahasia, Fuchs yaitu orang yang bertindak besar dalam pembuatan senjata nuklir serta jenis bom hidrogen. Di Jerman, Fucsh disangka ikut serta dalam partai komunis.

4. Nathan Hale, Amerika

Pria berikut sebagai cikal akan mata-mata di Amerika Serikat. Nathan Hale yang disebut seseorang kapten pasukan Continental saat saat perang Revolusi Amerika pada th. 1775 adalah mata-mata populer pertama dari Negeri Paman Sam. Bila terlebih dulu negara yang menunjuk orang jadi mata-mata, malah Hale yang tawarkan sendiri untuk jadi seseorang mata-mata. Hale yang di terima jadi mata-mata Amerika, ditugaskan untuk menyatukan beberapa info di Inggris. Tindakan mata-mata Hale sukses di ketahui Inggris serta pada akhirnya dihukum mati

3. The Rosenbergs, Amerika

Mata-mata populer selanjutnya adalah sepasang suami istri Julius serta Ethel Rosenberg. Julius serta Ethel Rosenberg adalah warga negara Amerika yang berpedoman system komunis serta lebih pilih untuk mengabdi untuk Uni Soviet. The Rosenbergs tertangkap basah memberi info nuklir yang dipunyai Amerika pada Uni Soviet.

2. Richard Sorge, Azerbaijan

Demikian banyak mata-mata yang bekerja untuk Uni Soviet, tetapi cuma nama Richard Sorge yang paling populer. Richard Sorge adalah mata-mata paling populer yang pernah dipunyai oleh Uni Soviet. Sorge diberikan pekerjaan untuk memata-matai Jepang serta Perang Dunia II. Sorge lahir serta tumbuh di Azerbaijan.

1. Mata Hari, Belanda

Mempunyai nama asli Margaretha Geertruida Zelle, Mata Hari mengawali kariernya sebagai mata-mata saat dianya bekerja sebagai wanita penghibur. Sebagai wanita penghibur, Mata Hari melayani beberapa orang utama yang mempunyai kedudukan di militer serta politik. Mujur lantaran dianya mempunyai paspor Belanda jadi orang tak mencurigai dianya. Tindakan Mata Hari mulai terbongkar pada Januari 1917 saat seseorang tubuh intelijen Perancis menyadap perbincangan militer Jerman di radio. Di ketahui nyatanya Mata Hari adalah mata-mata Jerman dengan kode nama H-21. Dengan cepat Mata Hari di tangkap saat ada di satu hotel di kota Paris pada 13 Februari 1917. Mata Hari dihukum mati dengan ditembak pada 15 September 1917.